Forum Navigation
You need to log in to create posts and topics.

Apa Itu Bokeh Dalam Fotografi dan Videografi? Ini Detailnya

Dalam seni fotografi, bokeh adalah salah satu efek yang paling umum digunakan. Menurut buku IT Works Creative Photo: Everything About Lenses, bokeh adalah istilah fotografi yang berasal dari bahasa Jepang dan berarti blur.

Seringkali, efek bokeh memberikan kesan bahwa latar belakang objek foto menjadi kabur. Jadi apa yang kami maksud dengan bokeh? Lihat deskripsi di bawah ini.

Pengertian Bokeh

Menurut IT Works dalam buku Creative Photo: Everything Lenses, bokeh adalah lingkaran yang muncul dalam sebuah gambar. Biasanya, bokeh ditemukan di area di luar fokus dengan rentang fokus yang sempit.

Kondisi ini bisa terjadi ketika cahaya yang mencapai sensor kamera tidak fokus. Intensitas cahaya di daerah tersebut menyimpang dari sekitarnya, baik disengaja atau tidak.

Dalam Buku Pemula DSLR Handoyo Kurniawan, bokeh adalah salah satu hal yang mendefinisikan kamera DSLR full-frame, APS-C, Four Thirds atau lebih kecil.

Semakin besar ukuran sensor, semakin baik bokeh yang dicapai. Itulah mengapa bokeh terikat dengan aperture. Semakin besar aperture yang digunakan, semakin baik bokeh yang dicapai.

Menurut Atok Sugiarto dalam buku Aperture - Tips Mempesona Menggunakan Diafragma, aperture merupakan komponen lensa yang berperan dalam mengatur intensitas cahaya yang masuk ke kamera. Secara fisik, bukaannya berupa lubang yang menyerupai lingkaran atau segi tertentu.

Selain di kamera, efek bokeh juga bisa dilihat di aplikasi Photoshop CS6 yang dilengkapi dengan fungsi “Field Blur”, “Iris Blur” dan “Tilt-Shift Blur”. Efek bokeh dapat dibuat dengan salah satu dari efek ini.

Dan untuk lebih jelasnya tentang efek bokeh beserta contohnya, anda bisa melihatnya di website aocewe.com.

Cara membuat efek bokeh

Cara membuat efek bokeh menggunakan aplikasi Photoshop CS6 dalam buku Photoshop CS6 for Photography and Graphic Design oleh Jubilee Enterprise:

- Buka foto yang ingin Anda tambahkan efek bokeh. Untuk hasil terbaik, pilih foto yang mengandung elemen dengan warna atau sorotan jenuh.
- Pilih salah satu fitur blur, misal Field Blur, Tilt Blur atau Iris Blur.
- Kemudian buat efek bokeh dengan panel Blue Effects.
- Tekan tombol OK.

Bagian dari efek blur meliputi:

- Light bokeh digunakan untuk menciptakan intensitas efek bokeh yang akan diciptakan. Semakin jauh Anda bergerak ke kanan, semakin kuat efeknya.
- Bokeh Color, berguna untuk mengatur variasi warna pada efek bokeh.
- Light range, berguna untuk mengatur intensitas slider bokeh pada sebuah foto.

Menggunakan efek bokeh sangat bergantung pada beberapa hal. Misalnya, menggunakan foto, pemrosesan bokeh, dll.
Demikian penjelasan mengenai bokeh dan tips cara membuatnya menggunakan aplikasi photoshop CS6. Bisa bermanfaat!