Forum Navigation
You need to log in to create posts and topics.

Cara Mengolah dan Menkonsumsi Saffron Yang Benar

Sebagai obat tradisional, saffron memiliki banyak manfaat yang perkiraannya ada 25 manfat saffron. Tidak heran saffron adalah salah satu rempah herbal yang paling mahal.

Seperti dikutip dari Rumahsaffron.com bahwa manfaat saffron untuk kesehatan memang banyak sekali, mulai dari sebagai sumber antioksidan hingga membantu melawan sel kanker, meredakan gejala penyakit Alzheimer, menurunkan gula darah dan kemampuan menurunkan berat badan.

Namun, cara konsumsi saffron tidak boleh sembarangan jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal. Jadi bagaimana Anda minum safron dengan benar? Berikut ulasan yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Saffron dicampur dengan lauk

Secara umum, saffron ditambahkan ke makanan seperti sup atau hidangan nasi untuk meningkatkan rasa makanan. Anda dapat menggunakan 1-2 helai safron untuk menambah warna dan rasa pada masakan.

2. Saffron yang diseduh

Setangkai safron biasanya diseduh sebelum digunakan. Ada aturan berapa banyak benang saffron yang harus diseduh dan cara menyeduh saffron yang benar.

Untuk proses seduh saffron, anda hanya perlu mengambil 3-5 helai saffron dan mencampurnya dengan 500 ml untuk 1 liter air.

Nah, yang perlu diperhatikan disini adalah jenis air yang digunakan. Untuk menyeduh saffron , Anda harus menggunakan suhu netral atau air hangat, bukan air panas atau mendidih.

Anda tidak perlu mencuci saffron untuk proses penyeduhannya. Masukkan saja ke dalam gelas dan tambahkan air. Jika menggunakan air hangat, rendam saffron selama 15 menit dan 30 menit untuk air bersuhu netral.

Saat proses penyeduan selesai, Anda tinggal meminumnya seperti minuman biasa.

3. Saffron yang direndam

Saffron yang direndam adalah cara paling umum untuk menggunakan ramuan ini. Benang safron direndam dalam air, susu atau kaldu. Biarkan sekitar 10-15 menit sebelum dimakan atau ditambahkan ke piring.

4. Saffron yang dihancurkan

Anda dapat menghancurkan atau menggiling saffron untuk ditambahkan ke sup dan saus salad. Atau Anda bisa menghancurkan setiap daun saffron dengan jari Anda dan langsung memakannya.

Anda juga bisa menyiapkan bubuk saffron. Caranya adalah dengan menggiling saffron menjadi benang menggunakan lesung dan alu. Jika Anda kesulitan menggiling benang karena kadar airnya, tambahkan gula dan giling.

5. Sari Saffron

Anda dapat membuat sari safron dengan menambahkan 3-5 sendok teh air hangat atau mendidih ke bubuk safron dan seduhan selama 5-10 menit. Simpan dalam toples selama beberapa minggu dan gunakan sesuai kebutuhan.

Sari safron juga bisa disiapkan dengan susu atau cuka, bukan air. Biasanya ditambahkan ke bahan lain menjelang akhir memasak untuk menonjolkan warna dan menyebarkan rasa ke seluruh hidangan.