Forum Navigation
You need to log in to create posts and topics.

Jenis Dan Bentuk Kardus Yang Perlu Anda Ketahui

Kotak kardus ada dalam berbagai jenis dan bentuk. Keanekaragaman bentuk dan jenis kotak atau box memungkinkan Anda untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berbagai jenis dan bentuk kotak-kotak ini sebenarnya dibuat sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Oleh karena itu, jangan heran jika ada kotak yang sangat kecil untuk mengemas barang-barang kecil juga.

Ada juga kotak yang sangat besar untuk mengemas barang-barang besar. Berikut beberapa jenis dan bentuk karton yang harus Anda ketahui.

Karton/kardus standart

Jenis dan bentuk kotak yang paling umum adalah kotak standart. Jenis kotak ini juga disebut sebagai kotak 4 flap. Dari segi bentuk, kotak ini merupakan bentuk yang paling umum dengan dimensi panjang, lebar dan tinggi.

Keistimewaan kotak jenis ini adalah tutup atas dan bawahnya menyatu saat dilipat. Ukuran paling umum dari karton ini adalah 24 x 18 x 18 inci. Karton jenis dan bentuk ini biasa digunakan untuk mengemas barang-barang seperti minuman kemasan, makanan ringan, dll.

Kotak yang overlap

Bentuk kotak ini mirip dengan kotak standar. Perbedaannya terletak pada penutup atas dan bawah yang tumpang tindih saat dilipat. Ukuran yang disediakan bervariasi sesuai kebutuhan. Kardus jenis ini umumnya digunakan untuk kemasan produk atau garmen atau produk plastik.

Kardus full overlap

Kotak jenis ini memiliki bentuk dasar yang hampir sama dengan kotak standar atau kotak overlap. Perbedaannya adalah ketika karton ditutup, ujung tutupnya menutup dengan tumpang tindih penuh di ujung karton saat ditutup. Karton ini terutama digunakan untuk mengemas makanan, produk plastik, dll.

Teleskop karton

Karton jenis ini juga dibentuk dengan dimensi panjang, lebar dan tinggi. Menariknya, bagian atas kotak ini melengkapi saat disatukan dengan bagian bawah dan karena itu dapat menutup rapat. Kardus jenis ini umumnya digunakan untuk kemasan suku cadang, makanan atau kain.

Karton Die-cut

Jenis karton ini pada dasarnya memiliki bentuk yang mirip dengan karton standar. Bedanya, karton die-cut ini memiliki lubang pegangan atau lubang ventilasi di kedua sisinya. Fungsi umumnya adalah sebagai pegangan.

Kardus jenis ini banyak dijumpai di perkantoran karena digunakan untuk kardus atau penyimpanan arsip. Tentang kardus arsip ini Anda bisa menemukannya melalui Tukangkardus.com untuk informasi lengkapnya. Selain untuk pengarsipan, grade papan die-cut yang terbuat dari bahan yang lebih tebal juga digunakan untuk kemasan makanan dan minuman.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya ada banyak model kotak kardus di dunia, dan Anda juga dapat membuat model kotak sesuai dengan imajinasi sesuai yang Anda inginkan.