Forum Navigation
You need to log in to create posts and topics.

Jenis Kotak Kardus Berdasarkan Ketebalan Lapisan Yang Digunakan

Berbagai macam produk menggunakan karton/kardus sebagai media pengemasan. Dari makanan, produk elektronik, produk kecantikan hingga produk otomotif. Karena lapisan karton yang relatif tebal, kemasan ini digunakan untuk kemasan tengah berbagai produk.

Pada dasarnya, ada banyak jenis karton di pasaran. Kotak kardus memiliki berbagai jenis dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan produk yang ingin Anda masukkan ke dalamnya.

Mulai dari kotak kecil hingga kotak besar seperti yang ada di Pabrik Kardus Jakarta dari PT Agro Tama Karya yang sudah terjamin kualitasnya. Selain ukurannya, kardus juga bervariasi dalam ketebalan lapisan. Berikut ini jenis-jenis kardus berdasarkan ketebalan lapisan yang digunakan:

1. Kardus Single Wall (3 lapis)

Kardus single wall adalah jenis lapis tertipis dibandingkan dengan lapis lainnya. Single Wall terdiri dari tiga lapisan yang terdiri dari lapisan atas, lapisan tengah berupa gelombang yang disebut flute, dan lapisan bawah.

Karena merupakan lapisan tipis, papan dinding tunggal tidak cocok sebagai pembawa kemasan produk berat. Biasanya, karton jenis ini digunakan sebagai media pengemasan produk dengan berat mulai dari 0,1kg hingga 15kg. Produk yang menggunakan kardus umumnya produk elektronik kecil, kosmetik, makanan dan produk rumah tangga lainnya.

2. Kardus Double Wall (5 lapis)

Kardus Double Wall memiliki 7 lapisan. Lapisan ini terdiri dari empat lapisan dalam dan luar dan tiga lapisan gelombang. Dibandingkan dengan dinding single, kardus double wall memiliki ketebalan yang relatif lebih baik. Kardus ini juga dapat digunakan sebagai media pengemasan untuk produk berukuran sedang.

Kisaran berat yang direkomendasikan dari kardus double wall adalah antara 20 hingga 50 kg. Kardus double wall juga sering digunakan sebagai wadah untuk mengemas produk yang dikirim melalui jasa pos.

3. Kardus Triple Wall (7 lapis)

Karton jenis ini terdiri dari sepuluh lapisan, terdiri dari lapisan dalam dan lapisan luar serta lapisan karton bergelombang. Dengan kardus triple wall, produk dengan berat 50-100 kg dapat ditempatkan di dalam kotak ini. Triple wall ply adalah jenis board ply terbesar di pasaran.

Secara umum, kardus triple wall ini lebih umum digunakan sebagai pembawa produk kemasan yang akan dikirim melalui layanan pos. Kotak ini juga sering digunakan sebagai pembawa produk yang akan dikirim atau diekspor ke luar negeri. Karena lapisannya cukup tebal, kardus dapat melindungi produk selama proses pengiriman.