Forum Navigation
You need to log in to create posts and topics.

Kenapa Saat Tidur Kita Mengalami Mimpi Buruk? Begini Alasannya?

Pasti setiap orang pernah bermimpi saat tidur. Mimpi memang bisa terjadi karena kinerja otak tetap aktif saat tidur. Mimpi terjadi pada fase terakhir dan terdalam dari tidur, yaitu Rapid Eye Movement (REM).

Hal ini juga merupakan periode tidur ketika otak masih sangat aktif. Mata juga bergerak cepat dan acak dalam fase ini. Mimpi, termasuk mimpi buruk atau mimpi aneh, dapat terjadi selama fase ini karena peningkatan aktivitas otak.
Namun, mimpi buruk juga bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Apakah Anda memiliki mimpi buruk atau aneh akhir-akhir ini? Jika demikian, Anda mungkin mengalami beberapa hal yang memicu mimpi buruk itu.

Efek samping obat

Efek samping, termasuk terlalu banyak mengonsumsi obat tidur, dapat memengaruhi mimpi dan pola tidur. Dengan mengonsumsi suplemen atau pil melatonin, Anda memang bisa lebih mudah mengalaminya. Namun hal ini juga dapat berdampak buruk, seperti mengalami mimpi buruk atau mimpi buruk yang sangat nyata.

Para ahli berspekulasi bahwa melatonin memiliki efek pada siklus tidur REM yang lebih intens dan dapat mendorong imajinasi yang lebih tinggi. Selain itu, antidepresan juga dapat memicu mimpi aneh saat tidur.
Jika dokter memutuskan seseorang perlu berhenti minum antidepresan, mengurangi dosis, atau beralih ke resep lain, kemungkinan akan terpengaruh. Apalagi jika seseorang mendapat obat antidepresan dengan cepat, tanpa menguranginya secara perlahan.

Makan banyak

Makanan tertentu dapat memengaruhi seberapa mudah kita hanyut ke alam mimpi. Makanan tertentu mencegah kita tidur atau membuat kita tidur dalam keadaan gelisah, yang berdampak pada mimpi buruk.

Stress

Tingkat stres harian yang lebih tinggi juga dapat memicu mimpi buruk pada beberapa orang. Penelitian menunjukkan bahwa kecemasan dan masalah suasana hati yang buruk dengan tingkat mimpi yang lebih tinggi.

Jika Anda mengalami ini, Anda perlu mengelola stres dengan lebih baik untuk menghindari mimpi buruk. Jika Anda terus mengalami mimpi buruk atau mimpi buruk yang mengganggu tidur Anda di malam hari, Anda harus menemui dokter atau psikolog.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan mimpi aneh dan saat tidur, mulai dari stres hingga diet. Namun terkadang mimpi juga memiliki arti baik menurut agama ataupun para ahli. Yang arti mimpi tersebut bisa Anda temukan di Edmodo.id juga masih banyak lagi informasi menarik yang lain.

Tetapi Anda harus selalu mempertimbangkan Delapan jam istirahat atau tidur di malam hari, sehingga tubuh Anda dapat kembali bekerja dengan kuat dan segar keesokan harinya.