Forum Navigation
You need to log in to create posts and topics.

Tips Membeli iPhone Bekas Yang Masih Berkualitas

Meningkatnya minat masyarakat terhadap iPhone bekas dapat menjadi peluang terjadinya kejahatan penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, sebelum membeli iPhone bekas, pastikan untuk mengecek kondisi ponsel agar tidak menyesal di kemudian hari.

Selain itu, pastikan juga bahwa iPhone tersebut benar-benar asli (bukan HDC). Dan untuk mengecek asli atau tidaknya, anda bisa melihat panduannya di situs Teknofiles yang sudah membahas tentang cara mengecek iPhone asli atau tidak.

Nah, agar lebih jelas, berikut 5 tips membeli iPhone bekas agar tidak ditipu oleh penjual nakal.

1. Pastikan itu bukan iPhone curian

Jika Anda membeli iPhone bekas, Anda tidak ingin membeli ponsel curian. Apple menggunakan Kunci Aktivasi untuk mencegah iPhone yang dicuri agar tidak diaktifkan oleh pengguna baru. Karena itu, pastikan iPhone yang akan Anda beli tidak dicuri.

Untuk memastikannya, cari nomor IMEI dengan masuk ke Settings – General – About. Ketika Anda mendapatkan nomor IMEI atau MEID Anda, Anda dapat memeriksanya di situs web Stolen Phone Checker.

2. Periksa baterai

Sebelum membeli iPhone bekas, sebaiknya periksa kinerja baterainya. Tidak selalu harus 100% atau sempurna, tapi setidaknya level baterai selalu sehat, sekitar 95%. Anda dapat mengetahui cara memeriksanya di Setelan - Baterai - Status baterai.

3. Lihat fitur dan komponen

Jika Anda pernah ke toko ponsel bekas, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa berbagai fitur dan komponen ponsel tersebut. Tentu saja, ini memberi Anda kesempatan untuk mencari tahu tentang ponsel yang ingin Anda beli.

4. Survey Harga

Sebelum membeli ponsel bekas, tinjauan harga sangat diperlukan. Ini mencegah segala bentuk penipuan. Jadi bandingkan dulu beberapa harga bekas. Apalagi sekarang sudah ada berbagai macam ponsel di bawah sejuta dengan spesifikasi mumpuni.

5. Cek Apple ID

Ini adalah hal terpenting untuk diperiksa sebelum membeli iPhone bekas yang memverifikasi ID Apple. Anda harus memastikan bahwa ID Apple pengguna sebelumnya telah keluar sebelum Anda dapat memasukkan ID Apple Anda sendiri.

Anda tidak diperbolehkan menggunakan telepon, tetapi ID Apple pengguna sebelumnya masih terkait dengan telepon Anda. Jika masih terhubung, orang lain dapat mengontrol telepon.

Setelah itu, disarankan untuk melakukan reset pabrik pada ponsel untuk memastikan bahwa semua konten, kata sandi, dan lainnya telah terhapus, seperti halnya membeli ponsel baru.